Total Tayangan Halaman

Minggu, 27 Maret 2011

Kesaksian Paulus Yang Super Aneh

Kesaksian Paulus Yang Super Aneh


Sebagaimana kita ketahui bhw setelah 4 Injil (Matius, Markus, Yohanes, Lukas), ada sebuah kitab berjudul "Kisah Para Rasul" yang sama-sama ditulis Lukas. Sejatinya, Kisah Para Rasul adalah buku ke dua yang ditulis Lukas, dan Puji Tuhan...Gereja mengikutkan juga tulisan beliau ini sebagai bagian dari kitab suci. Barangkali, kalau Lukas masih hidup di saat Gereja mengetuk palu menetapkan bukunya sebagai bagian kitab suci, mungkin beliau akan protes keras. Tapi, ya sudah lah itu sudah berlalu dan sudah bermilyar-milyar orang Kristen sudah menghadap "Creator of Universe" dengan membawa iman dari buku buatan Lukas, salah satu penulis kitab tersebut.

Ada yang menarik dari kitab Kisah Para Rasul ini, dimana ada cerita tentang "Pertobatan" Paulus. Dan ini menjadi lazim dalam dunia Kristen, bhw orang-orang menjadi pengikut Paulus (kristen) lantaran mengalami fenomena 'aneh' tak masuk akal. Contoh, seorang yang namanya masih menempel nama 'Muhammad' telah menjadi pendeta kristen, lantaran mengalami peristiwa supranatural, dimana Yesus "mendatangani"nya. Dan dia bertanya kepada salah satu pendeta yg dikenalnya, dan atas kisahnya ini sang pendeta berkata bahwa orang yang 'didatangi' oleh Yesus biasanya adalah orang yang terberkati. Wah....kapan ya saya didatangi Yesus ?

Akan halnya kisah Paulus, terdapat keanehan yang mungkin tidak terpikirkan oleh umat Kristen. Entahlah, apakah karena sudah tidak perlu lagi mengkaji Alkitab karena sudah menganggap 100% dari Tuhan atau memang tidak peduli, atau memang rada error...kagak tahu ya saya.

Kalau menurut pandangan mata saya yang, mungkin tidak bisa dipercaya ini, telah terdapat keanehan cerita pertobatan Paulus.

Ada 3 atau lebih perbedaan cerita pertobatannya, padahal ini adalah satu kali kejadian, bukan 3 kali kejadian. Berikut ayat-ayat yang relevan menyangkut perbedaan tsb. :

# 1

9:3 Dalam perjalanannya ke Damsyik, ketika ia sudah dekat kota itu, tiba-tiba cahaya memancar dari langit mengelilingi dia.
9:4 Ia rebah ke tanah dan kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata kepadanya: "Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?"
9:5 Jawab Saulus: "Siapakah Engkau, Tuhan?" Kata-Nya: "Akulah Yesus yang kauaniaya itu.
9:6 Tetapi bangunlah dan pergilah ke dalam kota, di sana akan dikatakan kepadamu, apa yang harus kauperbuat."
9:7 Maka termangu-mangulah teman-temannya seperjalanan, karena mereka memang mendengar suara itu, tetapi tidak melihat seorang jugapun.

#2

22:6 Tetapi dalam perjalananku ke sana, ketika aku sudah dekat Damsyik, yaitu waktu tengah hari, tiba-tiba memancarlah cahaya yang menyilaukan dari langit mengelilingi aku.
22:7 Maka rebahlah aku ke tanah dan aku mendengar suatu suara yang berkata kepadaku: Saulus, Saulus, mengapakah engkau menganiaya Aku?
22:8 Jawabku: Siapakah Engkau, Tuhan? Kata-Nya: Akulah Yesus, orang Nazaret, yang kauaniaya itu.
22:9 Dan mereka yang menyertai aku, memang melihat cahaya itu, tetapi suara Dia, yang berkata kepadaku, tidak mereka dengar.
22:10 Maka kataku: Tuhan, apakah yang harus kuperbuat? Kata Tuhan kepadaku: Bangkitlah dan pergilah ke Damsyik. Di sana akan diberitahukan kepadamu segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu.

# 3

26:13 tiba-tiba, ya raja Agripa, pada tengah hari bolong aku melihat di tengah jalan itu cahaya yang lebih terang dari pada cahaya matahari, turun dari langit meliputi aku dan teman-teman seperjalananku.
26:14 Kami semua rebah ke tanah dan aku mendengar suatu suara yang mengatakan kepadaku dalam bahasa Ibrani: Saulus, Saulus, mengapa engkau menganiaya Aku? Sukar bagimu menendang ke galah rangsang.
26:15 Tetapi aku menjawab: Siapa Engkau, Tuhan? Kata Tuhan: Akulah Yesus, yang kauaniaya itu.
26:16 Tetapi sekarang, bangunlah dan berdirilah. Aku menampakkan diri kepadamu untuk menetapkan engkau menjadi pelayan dan saksi tentang segala sesuatu yang telah kaulihat dari pada-Ku dan tentang apa yang akan Kuperlihatkan kepadamu nanti.
26:17 Aku akan mengasingkan engkau dari bangsa ini dan dari bangsa-bangsa lain. Dan Aku akan mengutus engkau kepada mereka,
26:18 untuk membuka mata mereka, supaya mereka berbalik dari kegelapan kepada terang dan dari kuasa Iblis kepada Allah, supaya mereka oleh iman mereka kepada-Ku memperoleh pengampunan dosa dan mendapat bagian dalam apa yang ditentukan untuk orang-orang yang dikuduskan.
26:19 Sebab itu, ya raja Agripa, kepada penglihatan yang dari sorga itu tidak pernah aku tidak taat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar